Kaidah Aqiqah Dalam Islam

Aqiqah dalam islam sebenarnya memiliki dasar hukum sunah. Akan tetapi apabila dilaksanakan, akan memberikan nilai positif sekaligus manfaat yang besar untuk orang tua yang melaksanakannya. Manfaat inilah yang harusnya menjadi alasan utama untuk melaksanakan kegiatan aqiqah. Adapun ketentuan untuk melaksanakannya sangat ringan.  Bagi bayi yang lahir perempuan maka jumlah kambing yang harus disembelih hanya seekor. Jika anak laki-laki jumlah yang disembelih menjadi dua ekor. Hal ini sangat tergantung dengan kemampuan dari orang tua itu sendiri. Apabila belum mampu, maka pelaksanaannya bisa ditunda hingga mampu. Namun demikian sangat disarankan untuk melaksanakannya supaya anak yang lahir terbebas dari berbagai godaan jin yang berbahaya.

Ada beberapa rukun untuk melaksanakan aqiqah sesuai dengan akidah Islam. Rukun ini memandu agar terciptanya kesempurnaan pelaksanaan aqiqah. Seperti berikut rukunnya:

  • Menyembelih hewan dan membagikannya dengan tetangga. Tujuannya adalah untuk menambah rasa syukur atas kenikmatan yang sudah diberikan Tuhan atas hadirnya anak dalam kehidupan rumah tangga.
  • Mencukur rambut bayi kemudian kemudian menimbangnya dan memberikan sedekah dengan berat yang sama dengan berat rambutnya. Sedekah yang dimaksud adalah sedekah berupa perak atau emas sesuai dengan berat rambut bayi yang dicukur. Tujuannya adalah sebagai bentuk perwujudan rasa syukur serta membagi kebahagiaan dengan orang yang berhak menerimanya.

Melaksanakan aqiqah dengan menggunakan jasa aqiqah sumedang memang sudah sangat lengkap.  Selain karena pelaksanaan aqiqah sesuai dengan kaidah, proses penyembelihan hewan serta perawatan hewan juga sangat diperhatikan. Memperlakukan hewan yang akan disembelih sesuai dengan kaidah yang disyariatkan untuk dilaksanakan. Jasa aqiqah ini benar-benar membantu agar tercipta rasa persaudaraan serta mampu mempererat persaudaraan di kalangan umat muslim. Berbagi pengetahuan serta dakwah yang berhubungan dengan aqiqah menjadi salah satu tujuan utama dari berdirinya jasa aqiqah ini di kalangan orang tua yang sibuk dengan pekerjaan masing-masing.  Bahkan ketika memilih menggunakan jasa aqiqah ini ada doa khusus yang dipanjatkan ketika pelaksanaan aqiqah. Tujuannya untuk membuat makna aqiqah menjadi semakin mendalam serta lebih mengena di hati pelaksananya.