Serunya Menyusuri Candi-Candi Kecil Di Yogyakarta Bag. 2

Jika di artikel sebelumnya kami membahas mengenai candi-candi kecil di sekitar Jogja seperti Candi Sambisari, Candi Kalasan dan Candi Ijo maka di artikel ini kami akan membahas candi kecil lainnya yaitu Candi Plaosan, Candi Sari dan juga Candi Gebang. Ketiga candi tersebut memiliki keunikan masing-masing sehingga wisatawan pun datang ke candi tersebut. Apa saja keunikan dan keindadah dari candi tersebut? Berikut penjelasan singkat dari kami:

  1. Candi Plaosan

Candi Plaosan merupakan sebuah candi yang dibangun pada abad ke-9 pada masa Kerajaan Mataram Kuno. Candi ini terletak di Dukuh Plaosan, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan sekotar satu kilometer dari Komplek Candi Prambanan ke arah utara. Keunikan dari candi ini adalah lokasinya yang berada di tengah pesawahan yang membuatnya tampak mempesona. Selain itu candi ini terdiri dari dua komplek yaitu Plaosan Lor can Plaosan Kidul. Umunya wisatawan akan mengunjungi Plaosan Lor karena relatif masih utuh bentuk candinya. Terdapat 2 candi kembar yang ada di komplek ini yang kondisi bangunanya masih sangat bagus. Kedua candi tersebut melambangkan pria dan wanita. Di sekeliling candi utama terdapat puluhan candi kecil yang menjad candi pendamping.

  1. Candi Sari

Candi Sari adalah candi umat Buddha yang dibangun pada abad ke-8 Masehi. Candi ini unik karena diperkirakan memiliki 2 buah lantai di struktur bangunannya. Lantai pertama digunakan untuk acara keagaaman sedangkan lantai kedua digunakan sebagai tempat istirahat para biksu dan juga sebagai tempat penyimpanan benda-benda keagamaan. Candi Sari diperkirakan menjadi kediaman dari para biksu pada masanya.

  1. Candi Gebang

Candi Gebang merupakan candi Hindu yang berlokasi di dusun Gebang, Kelurahan Wedomartani, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman. Candi ini diperkirakan dibangun pada masa kekuasaan wangsa Sanjaya saat berkuasa pada zaman Kerajaan Mataram Kuno pada sekitar abad ke-8 Masehi. Candi gebang saat ini telah dikembangkan menjadi salah satu objek wisata oleh pemda setempat. Setiap sore candi ini ramai dikunjungi oleh warga yang ingin menghabiskan waktu mereka dengan bermain di kawasan ini.

Demikian penjelasan singkat dari kami mengenai candi-candi kecil yang ada di kawasan Jogja dan sekitarnya. Masih banyak candi lainnya yang akan kami bahas dilain kesempatan. Jika Anda ingin berkunjung ke candi-candi tersebut namum dalam rombongan besar, Anda tidak perlu khawatir karena bisa sewa bus wisata di Jogja.